Pagelaran UMKM dan Budaya Jawa Timur Dibuka

pemeriahkan Hari Jadi ke-77 Provinsi Jawa Timur sekaligus memperingati Hari Pahlawan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) bekerja sama dengan Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) mengadakan Pagelaran UMKM dan Budaya Jawa Timur serta Pahlawan Tour XIII 2022. Kegiatan yang dilangsungkan di Jl. Simpang Dukuh, Surabaya ini diikuti 200 pelaku UMKM se-Jawa Timur, yang digelar selama tiga hari, dari Jumat – Minggu (11-13/11/2022).

Pada kesempatan ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur, Adhy Karyono, mewakili Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, membuka acara tersebut, Jumat (11/11/2022) malam.

Ia pun menyampaikan, dalam upaya pembangunan tidak hanya pemerintah saja yang melaksanakannya tetapi juga masyarakat, terutama HDCI yang punya potensi besar memberi keberkahan bagi warga sekitar.

Menurutnya, Jawa Timur merupakan provinsi yang luar biasa, dinamis, masyarakatnya sangat kuat dan survive. Hal ini bisa dilihat dari pasca pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi dan investasi Jawa Timur masih terdepan, bahkan sekarang angka pengangguran dan kemiskinan menurun.

“Ini semua karena basic atau penyangga ekonomi di Jawa Timur adalah UMKM. Ada 9,7 juta UMKM di provinsi ini, itulah yang membuat Jawa Timur tidak terasa ada Covid, tidak terasa ada inflasi, dan kenaikan BBM. Sebab semakin banyak juga mitra – mitra pemerintah yang bersedia melakukan bantuan – bantuan,” terang Adhy.

Sementara itu melihat historis HDCI, dikatakan Adhy, selama pandemi Covid HDCI terdepan dalam mengatasinya, pasca Covid pun juga demikian kehadiran HDCI selalu ditunggu – tunggu bukan karena kehadirannya yang mengundang kemacetan, tetapi meyakini bahwa HDCI datang membawa berkah bagi masyarakat Jawa Timur.

Di akhir sambutannya, Adhy menyampaikan, saat ini situasi ekonomi internasional menghadapi krisis dan resesi, namun Jawa Timur tetap punya potensi untuk bangkit.