Ketua Muhammadiyah Jatim terpilih paparkan akselerasi gerakan organisasi

Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur terpilih, dr. Sukadiono memaparkan tiga akselerasi gerakan pembangunan Muhammadiyah selama masa kepemimpinannya lima tahun ke depan, 2022-2027.

“Kami tadi telah bersidang secara singkat dan cepat dari hati ke hati mengenai masa depan Muhammadiyah Jawa Timur sebagaimana telah menjadi pembahasan dalam sidang,”

kata Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya itu dalam siaran pers pertamanya usai terpilih secara aklamasi dalam rapat pleno ketiga Musyawarah Wilayah ke-16 Muhammadiyah di Ponorogo, Minggu.

Dalam pernyataannya, ada tiga akselerasi gerakan yang menjadi prioritas dalam program kerjanya selama lima tahun ke depan.

Akselerasi gerakan mencakup berbagai bidang pembangunan, baik itu bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi maupun internasionalisasi gerakan.

“Akselerasi program ini perlu dilakukan agar Muhammadiyah ke depan dapat selalu menjawab tantangan zaman,” ujarnya.

Tiga akselerasi gerakan dimaksud adalah, pertama yaitu PWM Jatim diberi amanat menjalankan program yang arahnya pada proses transformasi dinamis di masa depan.

Poin ini menyangkut program umum maupun bidang yang arahnya Muhammadiyah unggul berkemajuan dalam berbagai aspek kehidupan.

Kedua, PWM mengemban tugas menyosialisasikan serta menjadikan pandangan Islam berkemajuan dalam risalah Islam berkemajuan untuk terus didialogkan dengan berbagai kalangan di dalam dan luar negeri.

Hal ini ditujukan agar pandangan Islam yang maju dan membawa rahmat kepada semesta alam jadi alam pikiran yang menyebar dan meluas serta terimplementasi dengan baik di persyarikatan.

“Islam yang membangun optimisme tetapi juga Islam yang menghadirkan kemajuan hidup seluruh masyarakat bangsa dan negara dan kemanusiaan global,” ujarnya.

Ketiga, lanjut dia, kepemimpinan PWM merupakan satu mata rantai terstruktur dengan pimpinan daerah, cabang, ranting.

“Maka kepemimpinan kami ke depan harus mampu mendinamisasi seluruh gerakan kepemimpinan,” paparnya.

Sukadiono juga menyampaikan bahwa PWM Jatim meminta semua pihak bersinergi mendukung dan mendoakan kepemimpinannya lima tahun ke depan.

“Mohon doanya kami PWM secara kolektif untuk lima tahun ke depan dapat bergerak dan berbuat menjalankan amanat untuk kemajuan umat, bangsa dan semesta dalam ridho, berkah dah rahmat Allah SWT,” ucapnya.