Kreatifitas Warga Desa Suak, Lampung Selatan Ubah Buah Kelapa Jadi Produk Cemilan Keripik

Keratifitas Ibu ibu yang tergabung sebagai Relawan PALUMA NUSANTARA Desa Suak, Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan, berhasil ubah buah kelapa menjadi produk makanan berupa keripik.

Kripik kelapa produksi ibu-ibu Desa Suak saat ini menjadi salah satu produk oleh-oleh khas Desa Suak khusunya bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan Desa Suak.  Juli Wahyudin, Kepala Desa Suak mengatakan hasil kreatifitas warga Desa Suak didasari dengan melimpahnya hasil bumi di Desa Suak berupa kelapa. Sehingga guna meningkatkan lapangan kerja dan perekonomian desa pihak desa memfasilitasi dan mewadahi warga untuk membuat inovasi produk dengan bahan dasar dari kelapa.  “Kreativitas ini di Dusun Kelapa Tiga Desa Suak di latar belakangi dengan banyaknya tanaman kelapa di dusun setempat menjadi salah satu ide alternatif mengolah buah kelapa guna menginpirasi warga untuk meningkatkan pendapatan juga sebagai salah satu oleh – oleh khas Desa Suak terutama bagi para wisatawan yang datang kebeberapa destinasi wisata di Desa Suak”. Jelas Juli Wahyudin Kades Desa Suak kepada redaksi Kamis (24/02/2022).  Inovasi ini menurut Juli Wahyudin juga sekaligus menjawab potensi Desa Suak salah satunya adalah sebagai penghasil kelapa. “Kelapa merupakan satu diantara beberapa potensi yang ada di Desa Suak, selama ini hasil panen buah kelapa langsung dijual dalam kondisi butiran setelah dikupas kulitnya. Alhamdulillh saat ini masyarakt desa telah berhasil membuat turunan produk dari bahan kelapa”. Kata Juli Wahyudin. 

Juli sapaan akarbnya, manambahkan bahwa Desa Suak akan terus mendukung inovasi dan kreatifitas warga khusunya dalam meningkatkan perekonomian, penciptaan lapangan pekerjaan, dan kreatifitas warga desa dengan mengoptimalisasi potensi-potensi yang ada di desa.