Jemaah Haji Indonesia Nafar Awal Mulai Menuju ke Makkah Untuk Menyelenggarakan Thawaf Ifadhah

Jemaah haji Indonesia yang mengambil Nafar Awal (meninggalkan Mina 12 Zulhijah) mulai diberangkatkan menuju Makkah. Mereka akan melanjutkan prosesi tahapan haji berikutnya, Tawaf Ifadlah.

Pemberangkatan dilakukan dalam dua waktu. Jadwal pagi berlangsung dari pukul 05.00-09.00 waktu Arab Saudi (WAS). Jadwal berikutnya dari jam 13.00 sampai 16.00 WAS.

Kepala Satuan Operasi Armina, Harun Al Arsyid menjelaskan, lebih kurang ada 50% jemaah yang diberangkatkan pada Nafar Awal. Rinciannya, 25% jamaah diberangkatkan pagi dan sisanya pada siang hari.

“Panitia menyiapkan lima bus per maktab. Jemaah akan diberangkatkan sesuai jadwal,” kata Harun di Mina, Jumat (30/6/2023).

Bus akan diparkir di depan pintu masuk setiap maktab. Sehingga, jemaah lebih mudah untuk mengaksesnya. Harun minta para ketua kloter untuk mengarahkan jamaah menuju pintu maktab yang dituju.

“Harus sesuai jadwal karena apabila tidak sesuai pihak Masyariq tidak akan mengangkut,” kata dia.

Pantauan di lapangan, sejak jam 05.00 WAS, jemaah yang diberangkatkan pagi sudah menunggu di depan maktab. Petugas juga siaga mengatur jemaah masuk ke dalam bus sesuai maktab. Proses pengangkutan jemaah berjalan tertib.

Terkait jadwal keberangkatan Nafar Tsani ke Makkah pada 13 Zulhijah, Harun mengatakan bahwa itu akan segera disosialisasikan. “Nanti akan diumumkan,” katanya.

Sumber : Kemenag RI