Jatim Sepakati Kerja Sama 3 Bidang dengan Alexandria Mesir, Apa Saja?

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyepakati kerja sama di tiga bidang prioritas dengan Gubernur Alexandria Mohamed Taher El-Sherif. Yakni perdagangan dan investasi, pariwisata serta pendidikan.

“Melalui penandatanganan LoI (Letter of Intent) maka akan semakin banyak kerja sama yang bisa dibangun antara Jatim dan Alexandria di masa depan,” ujar Khofifah di Mesir, Jumat (25/11/2022), dikutp dari Antara.

Menurut dia, kedepan penguatan kerjasama di tiga sektor prioritas tersebut akan semakin dikuatkan dan dimaksimalkan.Di sektor perdagangan, Khofifah menyebut kedua wilayah memiliki potensi besar untuk bisa melakukan link and match.

Sebagaimana diketahui bahwa Mesir tidak menanam kopi, tetapi tradisi minum kopi masyarakatnya cukup tinggi. Di satu sisi, Jawa Timur memiliki komoditas unggulan perkebunan kopi.

Di sektor pariwisata, Gubernur Khofifah menyebut potensi wisata religi menjadi salah satu kemiripan yang dimiliki kedua wilayah.

Tercatat sebanyak 160 ribu jamaah umrah Jatim per tahun berpotensi untuk menambah paket umrah dengan kunjungan wisata religi ke Mesir.

“Alexandria adalah salah satu saksi peradaban Mesir Kuno yang terkenal di dunia internasional. Sedangkan, fakta bahwa Jatim merupakan salah satu wilayah bersejarah dalam berkembangnya Islam di Indonesia. Bukan tidak mungkin keduanya bisa saling tumbuh menjadi wisata religi berkelas dunia,” katanya.

Kemudian di sektor pendidikan juga menjadi prioritas kedua wilayah. Sebagaimana diketahui, Alexandria atau juga dikenal Iskandariyah adalah pusat pendidikan dan kebudayaan dunia Mediterania kuno untuk sebagian besar zaman Helenistik dan zaman kuno akhir.

Selain itu, Alexandria juga dikenal dengan perpustakaan terbesar di dunia yang memuat karya-karya penting ulama besar Islam sehingga diharapkan menjadi magnet bagi pendalaman sejarah Islam Tanah Air.