DPR RI Komisi VI, M Sarmuji Kunjungi Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro

Ketua DPD Golkar Jawa Timur, yang juga Wakil Ketua Komisi VI DPR RI (Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia), Muhammad Sarmuji, melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Pondok Pesantren Modern Al Fatimah Bojonegoro, Jawa Timur, Sabtu (23/07/2022).

Sarmuji, bersama rombongan hadir mewakili sebagai anggota DPR RI Wakil Ketua Komisi VI DPR RI. Tiba di pesantren, Sarmuji disambut antusias oleh ribuan santri Ponpes Modern Al Fatimah.

Kehadiran Sarmuji juga didampingi langsung oleh Ketua DPD Golongan Karya (Golkar) sekaligus Wakil Ketua DPRD Bojonegoro, Hj. Mitroatin dan Sekretaris Komisi B DPRD Bojonegoro, Sigit Kushariyanto. Serta Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Jatim, Pranaya Yudha Mahardhika.

Pimpinan Ponpes Modern Al Fatimah Bojonegoro, Drs. H. Tamam Syaifuddin, menyambut kedatangan rombongan Sarmuji dengan ucapan terima kasih. Selain itu, Kyai Tamam berharap kehadiran romobongan DPR RI mampu memberikan dorongan semangat perjuangan kepada para santri dalam menimba ilmu.

“Karena barang siapa yang menempuh jalan mencari ilmu, niscaya Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga,” katanya mengutip salah satu hadits.

Kagumi Ponpes Al Fatimah

Sementara itu, M. Sarmuji, memuji dan menyatakan kekagumannya terhadap lembaga pendidikan Islam yang berlokasi di Jalan Pondok Bambu, Desa Sukorejo, Kecamatan Kota. Sebab, mengelola pesantren, apalagi pesantren yang bisa menjawab tantangan jaman dan bisa diminati oleh banyak kalangan adalah sesuatu yang sangat sulit.

“Apalagi ini bukan pesantren biasa. Tetapi pesantren yang mengadopsi banyak sekali perkembangan ilmu pengetahuan. Bahkan tadi (protokol) disampaikan dalam Bahasa Mandarin. Itu luar biasa,” ujarnya.

Menurut pria yang juga menjabat Ketua DPD Golkar Jatim ini, suka maupun tidak, ada kemungkinan nantinya peradaban masa mendatang akan bergeser atau diprakarsai oleh China. Hal itu ditinjau dari beberapa alasan.

Alasan tersebut yaitu, saat ini, PDB (Produk Domestik Bruto) China sudah lebih besar dari Amerika. Demikian pula teknologi, militer, yang berkembang pesat dan pengaruh besar negeri tirai bambu terhadap perekonomian dunia. Berkenaan hal itu, para santriwati yang menimba ilmu di Ponpes Al Fatimah dinilai beruntung. Karena sudah mendapat bekal mengantisipasi perubahan dunia yang demikian cepat.

“Semoga para santriwati diangkat derajatnya oleh Allah. Karena Allah berjanji mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu,” ucapnya.

Pria yang lahir di Surabaya 48 tahun lalu ini juga memberikan motivasi, bahwa banyak tokoh sukses yang berasal dari para santri. Disebutkan sejumlah nama tokoh, Nurcholis Madjid dan Hidayat Nurwahid, misalnya.

“Saya pernah nyantri meski di Ponpes kecil. Mudah-mudahan santriwati yang mondok di Al Fatimah yang modern ini bisa lebih hebat daripada saya. Serta bisa menjadi sebaik baik manusia dengan menjadi manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya,” pungkasnya.

Silaturahmi petinggi Partai Golkar Jatim ke Ponpes Al Fatimah ditandai dengan pemberian cinderamata dan produk OPOP (One Pesantren One Product) yang diserahkan langsung oleh Pimpinan Ponpes H. Tamam Syaifuddin kepada Sarmuji. Diakhiri berkeliling lingkungan pesantren.