Diaspora Indonesia Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-77 di State Connecticut dengan Meriah

Oleh : Saleh Mude

Connecticut, 20 Agustus 2020, masyarakat perantau atau diaspora Indonesia yang berdomisili di wilayah negara bagian (state) Connecticut, Amerika Serikat berkumpul merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-77 dengan hikmat di halaman Gedung Veteran Amerika, “Robert Dornfried sr VFW Veterans of Foreign Wars,” Berlin, Connecticut.

“Hari ini, kami berkumpul dengan suka-cita sambil membawa makanan, minuman, dan kue-kue khas Indonesia. Kami dapat makan makanan, kue-kue, dan minuman ala Indonesia. Hampir setiap orang bawa makanan dan minuman ala “potluck Amerika,” kata koordinator acara, Stephen H. Pongoh.

Acara dimulai dengan makan bersama, setiap orang yang bawa makanan, minuman, dan kue-kue meletakkan pada tempat yang telah disediakan, dan bebas mengambil makanan sesuai selera, sisanya boleh dibawa pulang oleh siapa saja.

Menurut M. Saleh Mude Mahasiswa Hartford Seminary Connecticut asal Indonesia mengatakan bahwa, dalam acara perayaan (HUT) Republik Indonesia ke-77 para diaspora Indonesia mengikuti acara memakai baju merah dengan rasa kekeluargaan yang kental.

“Rasa kekeluargaan dan persaudaraan antar-sesama perantau dari berbagai profesi dan masa tinggal yang berbeda-beda, ada puluhan tahun dan ada juga baru datang dari Indonesia” ungkap Daeng Sale sapaan akrabnya dalam keterangan yang diterima oleh redaksi klikers.id Minggu (21/08/22).

“kelihatan sangat kental yang mayoritas memakai baju merah, simbol kecintaan pada merah putih keindonesiaan” imbuhnya.

Daeng Saleh juga mengatakan bahwa upacara perayaan HUT RI ke 77 ini tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan di Indonesia.

“Acara dimulai dengan berbaris untuk menyaksikan prosesi upacara seperti halnya di Indonesia, dimulai dengan laporan upacara, pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila dan Proklamasi Kemerdekaan RI, pengarahan pemimpin upacara, pembacaan doa, menyanyikan lagu-lagu perjuangan, dan ditutup doa. Acara seremonial HUT RI hari ini disetting oleh Debby Zakka Pongoh.

Setelah upacara bendera, menurut lulusan sarjana IAIN Alauddin Makassar ini acara dilanjutkan dengan lomba-lomba dan berlangsung seru.

“kami mengadakan berbagai lomba, seperti lomba lari karung (platik hitam) dan tarik tambang bagi ibu-ibu dan bapak-bapak, dan lomba mewarnai gambar bagi anak-anak Indonesia dan blasteran, Indonesia-Amerika, misalnya. Semua pemenang mendapatkan hadiah dari Panitia. Pokoknya acara hari ini seru dan bersejarah.” kata Daeng Saleh.

Masyarakat diaspora lainnya Rusdi Geno yang menikahi putri Amerika 32 tahun lalu di Connecticut mengatakan bahwa peringatan HUT Kemerdekaan RI ini sudah berlangsung sejak lama.

“Tradisi peringatan HUT Kemerdekaan RI seperti hari ini telah dilakukan dalam hitungan lebih 20 tahun oleh diaspora Indonesia di halaman Gedung Veteran, Berlin, Connecticut,” kata Rusdi Geno.